Template Information

Home » » Desa Sukorame dan Pusporenggo Krisis Air Bersih

Desa Sukorame dan Pusporenggo Krisis Air Bersih

Written By Unknown on Jumat, 28 September 2012 | 09.24.00

Desa Sukorame dan Pusporenggo Krisis Air Bersih
Boyolali-Ratusan warga di Desa Sukorame dan Pusporenggo, Musuk, Boyolali mulai kesulitan air bersih, menyusul menyusutnya sumber air yang selama ini digunakan warga. Aliran air yang biasa disalurkan melalui pipa ke bak-bak penampungan seringkali mati.
Dampak kekeringan mulai meluas, sebelumnya warga di lereng Merapi-Merbabu kesulitan mendapatkan air bersih. Saat ini, kesulitan air bersih merembet ke wilayah bawah, seperti di Desa Sukorame dan Desa Pusporenggo.
Selama ini warga di dua desa tersebut mengandalkan air dari Tuk Talang, namun sejak dua bulan ini debit air terus mengalami penurunan. Penyusutan air di sumber Tuk Talang mencapai 70 persen. Padahal pada musim kemarau tahun-tahun sebelumnya, penyusutan air di Tuk Talang yang menjadi andalan warga paling parah hanya 50 persen.
“Debit air memang turun, paling parah tahun ini, kita sedang mencari solusi untuk mencari sumber air lain,” ungkap Kades Sukorame, Marjuli, Kamis ( 27/9).
Sementara itu, sejumlah bak penampungan yang selama ini digunakan warga untuk menyimpan air dari sumber banyak yang kosong. Warga sendiri mulai beralih ke sumur yang ada, tapi debit air sumur juga menurun. Kedalaman sumur mencapai 30 meter hingga 40 meter.
”Airnya makin susah. Sumber air yang disalurkan ke bak penampungan air keluarnya sangat sedikit karena harus dibagi-bagi,” tandas Suparmo, warga Sukorame.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe me

Subscribe via RSS Feed If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.


 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Bengawan Pos - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger